5 Hal Yang Membuat Blogger Berhenti Blogging – Ada banyak blogger baru yang bermunculan setiap hari di dunia blogging. Tentu tujuannya pun berbeda-beda. Ada yang blogging untuk kepentingan bisnis, ada yang sekedar hobi, dan sebagainya.

Setiap orang tentu memiliki kesenangan tersendiri dalam dunia blogging, tetapi yang kini sedang berkembang adalah blogging for money. Setiap blogger baik yang udah pro dan yang masih pemula berlomba-lomba untuk meningkatkan kualitas blog-nya dengan berbagai topik tulisan sehingga mendapatkan pagerank yang bagus.

Tetapi terkadang atau malah sering terjadi, blogger-blogger tersebut sudah mencapai batas titik jenuh dan kemudian berhenti dari dunia blogging. Nah, tentu ada hal yang membuat blogger berhenti blogging dan apa alasan utama mereka berhenti. Banyak sekali hal yang membuat blogger berhenti blogging. Namun akan dibahas singkat dan padat.

Dalam tulisan ini saya menguraikan 5 hal yang membuat blogger berhenti blogging, yang tentunya diurutkan berdasarkan faktor yang paling mendorong hal tersebut terjadi dan mungkin saya bisa memberikan solusi jika hal tersebut memang menjadi faktor pendorongnya.

1. Kehabisan Ide

Kebanyakan blogger pemula merasa memiliki ide yang sangat bagus untuk dituliskan dan ingin agar banyak orang membaca tulisan dari ide bagusnya tersebut. Kemudian mereka menuliskannya di dalam blog, maka untuk sementara jadilah ia blogger. Satu atau dua bulan mereka masih memiliki ide-ide segar untuk dituliskan di dalamnya. Perlahan mereka mulai kehabisan ide dan mulai melupakan blog-nya. Selesai. Mereka akhirnya berhenti blogging. Bagian ini merupakan salah satu hal yang membuat blogger berhenti blogging.

Tips dari saya:

Jangan pernah takut kehabisan ide! Anda bisa menuliskan hal-hal yang menarik bagi orang banyak, jangan hanya hal yang menarik bagi Anda saja. Temukanlah ide tersebut ketika Anda sedang berekreasi, sedang berada di busway, nonton bioskop bersama teman atau kekasih, saat berkunjung ke toko musik atau buku, setelah selesai menonton DVD bagus, dan sebagainya. Intinya tidak ada alasan Anda untuk kehabisan ide.

BACA JUGA:  Mengenang The Iron Lady, Margaret Thatcher

2. Tidak Ada Respon dari Pembaca

Hal ini sebenarnya sangat mengecewakan. Berkaitan dengan poin pertama, ketika Anda merasa memiliki ide bagus dan telah dituliskan ke dalam blog tapi ternyata tidak ada yang respon. Parahnya, malah tulisan tersebut tidak ada yang membacanya.

Hal ini merupakan salah satu hal yang membuat blogger berhenti blogging. Berharap agar tulisan kita dibaca dan direspon ternyata hasilnya nihil. Pasti blogger pemula malas melanjutkan aktivitas blogging jika tulisan hasil pemikiran dan kerja keras mereka tidak ada respon dari pembaca.

Tips dari saya:

Kebanyakan blogger pemula tidak tahu hal ini sering terjadi ke siapa saja. Pada umumnya orang-orang belum memiliki akses untuk berkunjung menuju blog Anda, makanya jangan heran kalau mendapatkan pembaca memiliki proses panjang. Kebanyakan pengguna internet menggunakan mesin pencari untuk mencari informasi. Walaupun informasi yang mereka cari terkait dengan tulisan di dalam blog Anda, tetapi blog Anda belum memenuhi tahap optimasi mesin pencari atau lebih dikenal dengan SEO.

Usahakan agar Anda mempelajari apa itu SEO dan bagaimana caranya agar niat Anda untuk melanjutkan aktivitas blogging terus bisa Anda jalankan. Anda juga bisa membaca tips menaikkan jumlah pengunjung yang telah saya tulis disini.

3. Sibuk

Tidak bisa dipungkiri bahwa kita semua lebih sibuk di dunia nyata daripada di dunia maya. Setiap orang punya aktivitas yang menjadi prioritas untuk dilakukan di dunia nyata daripada blogging, meskipun tidak bagi full time blogger. Kesibukan menjadi salah satu hal yang membuat blogger berhenti blogging.

BACA JUGA:  5 Cara Membangun Konten SEO dalam Bisnis Online

Waktu ekstra dibutuhkan untuk blogger agar tetap melakukan aktivitas blogging. Meskipun mereka memiliki target dan kesenangan dalam dunia blogging, namun karena tidak punya waktu alias sibuk menjadikan mereka perlahan lupa dengan aktivitas blogging mereka. Bagian ini merupakan salah satu hal yang membuat blogger berhenti blogging.

Tips dari saya:

Atur jadwal kapan Anda mengerjakan aktivitas harian Anda dan kapan Anda harus mengisi konten Anda. Akhir pekan merupakan saat yang tepat untuk melanjutkan aktivitas blogging. Namun Anda juga bisa menemukan hari yang lain untuk tetap blogging. Jika Anda masih memiliki niat untuk blogging maka Anda harusnya memiliki waktu yang tepat untuk tetap ‘mengasihi’ blog Anda ­čśÇ

4. Merasa Tidak Punya Bakat Menulis

Hal ini merupakan dorongan terbesar untuk membuat blogger berhenti blogging. Mereka merasa tidak punya bakat dalam hal menulis. Perlu Anda sadari bahwa Anda tidak membuat sebuah penelitian tesis, skripsi, dan bentuk-bentuk essay ilmiah lainnya. Anda juga tidak menulis buku. Anda hanya menulis di dalam blog dimana Anda bebas menulis dengan gaya penulisan Anda sendiri.

Hal inilah yang menjadi salah satu hal yang membuat blogger berhenti blogging. Apa yang penting dari sebuah blog adalah, blog tersebut rutin diisi dengan konten-konten berkualitas (tidak copy-paste dan tidak melanggar hak cipta penulis lain) dan Anda punya harapan atas blog itu agar Anda bisa sukses sebagai blogger.

Tips dari saya:

Anda tidak perlu memiliki bakat khusus dalam hal menulis untuk menjadi blogger. Anda tidak perlu takut dengan menarik atau tidaknya gaya penulisan Anda. Itulah ciri khas Anda dan itulah yang dicari dari blogger. Banyak informasi yang bertebaran di media internet, dan Anda bisa menelurkan informasi di dalam blog Anda dengan ciri khas Anda sendiri dan sejauh mana Anda bisa menyajikan informasi tersebut.

BACA JUGA:  ThinkWithGoogle: Cek Kecepatan dan Kekuatan Mobile-Friendliness Website Anda

Jika Anda berpikir untuk membuat buku dari blog Anda, maka tulis dululah konten yang perlu di dalam blog Anda dan saling berkaitan. Nanti bila sudah waktunya untuk dibukukan, maka Anda bisa menggunakan jasa editor untuk keperluan editing bagian-bagian mana saja yang perlu dirubah agar tulisan Anda semakin menarik untuk dibaca. Jadi jangan khawatir dengan ada atau tidaknya bakat Anda dalam hal menulis.

5. Tidak Ada Akses Untuk Blogging

Hal yang terakhir ini merupakan bonus. Tidak ada akses untuk blogging bisa berarti Anda punya laptop atau komputer tapi tidak punya jaringan internet, Anda punya laptop atau komputer dan modem sebagai penyambung jaringan internet tetapi tidak punya uang untuk mengisi pulsa, dan sebagainya.

Jika tidak ada akses untuk blogging, bagaimana bisa Anda melanjutkan aktivitas blogging? Meski kelihatannya lucu, tetapi hal ini merupakan salah satu hal yang membuat blogger berhenti blogging, meski tidak dalam jangka waktu panjang.

Tips dari saya:

Anda bisa berusaha nabung jika Anda tidak memiliki uang untuk menyediakan keperluan untuk blogging. Selain itu Anda juga bisa meminjam internet teman Anda, berkunjung ke tempat tinggal teman yang memiliki akses internet, atau Anda juga bisa pergi ke warnet, bisa juga pergi ke tempat-tempat yang menyediakan wifi gratis, dan sebagainya. Intinya jangan sampai membuat Anda berhenti blogging.

 

Sekian pembahasan tentang 5 hal yang membuat blogger berhenti blogging. Jika ada yang kelupaan atau ada yang kurang, silahkan ditambahkan. Untuk sementara itulah daftar uraian saya tentang hal yang membuat blogger berhenti blogging.┬áSalam blogger ­čśÇ

SHARE
Artikel Sebelumnya7 Cara Mudah Mendapatkan Pengunjung Blog
Artikel Selanjutnya10 Aplikasi Android Terbaik Untuk Blogger
Seni Berpikir membahas tentang ilmu hubungan internasional yang berisi hubungan internasional sebagai forum bagi setiap negara dalam memenuhi kepentingan nasionalnya. Seni Berpikir juga berisi hal-hal lain seputar Wordpress dan Tips Blogging lainnya. Mohon sertakan sumber jika Anda meng-copy-paste tulisan dari dalam situs ini. Regards,

TINGGALKAN KOMENTAR