Ketika Blog Tidak Ada Yang Membaca – Jika Anda sudah susah payah mengembangkan blog Anda namun blog Anda tidak ada yang membaca, maka banyak hal yang akan terjadi pada Anda dan blog yang Anda kembangkan tersebut.

Mungkin saja Anda menjadi malas melanjutkan aktivitas blog, membiarkan blog yang sudah Anda bangun begitu saja, atau malah membuat blog baru. Setelah saya menulis mengenai hal-hal yang wajib Anda lakukan sebagai blogger, cara menghasilkan tulisan berkualitas, cara mendapatkan lebih banyak pengunjung blog, maka kali ini saya akan perlu memberikan beberapa tips bagi Anda untuk memperbaharui blog Anda jika blog tidak ada yang membaca.

Bagi blogger yang memang menggantungkan harapan besar pada blog-nya, tentu jika blog tidak ada yang membaca maka akan sangat menjengkelkan. Kita sudah susah payah membangun, mendesain, mengembangkan dengan konten-konten, mengorbankan banyak waktu untuk fokus meningkatkan kualitas blog, tetapi tidak ada yang membaca.

Jika blog tidak ada yang membaca, atau sepi pengunjungnya, maka cobalah tips berikut ini:

BACA JUGA:  Meningkatkan Track Record Website dengan Search Engine Optimization (SEO)

1. Temukan Alasannya

Apa kira-kira yang menjadi alasan mengapa blog Anda tidak ada pembacanya? Periksa tema atau topik tulisan yang Anda gunakan. Apakah cukup menarik untuk dibaca? Bagaimana dengan gaya tulisan dan informasi yang Anda bagikan? Apakah berguna bagi pembaca?

Mungkin Anda perlu merubah tampilan blog Anda. Atau cobalah percepat loading blog Anda. Blog yang memiliki loading yang lama terkadang membuat pembaca jenuh karena waktu mereka terbuang hanya untuk mendapatkan satu informasi dari blog Anda. Mereka setiap saat bisa pergi ke blog lain jika mereka kesal dengan loading blog Anda yang lama.

2. Dapatkan Perhatian Pembaca

Caranya Anda bisa mempercantik tampilan blog Anda. Juga meletakkan artikel terpopuler di blog Anda, serta topik-topik hangat yang sedang tren lainnya. Buatlah headline dengan judul yang membuat orang kaget dan bertanya-tanya kira-kira apa isi dari tulisan yang memiliki judul seperti itu.

Ciptakanlah kesan pertama yang baik dengan pembaca Anda. Hal ini akan membuat pembaca blog betah dan akan mengingat nama serta URL blog Anda sehingga mereka akan berkunjung kembali suatu saat nanti.

BACA JUGA:  Mendapatkan Uang Dari Blog? Tutorial Lengkap - Part 1

3. Promosikan Blog Anda

Banyak blog yang sudah populer di dunia ini, khususnya di Indonesia. Di antara sekian banyak blog yang kini tersebar di dunia maya, blog Anda hanyalah butiran debu. Bagaimana cara pembaca sampai ke blog Anda?

Promosikan blog Anda! Pengusaha juga mempromosikan produk dan jasa mereka dengan berbagai cara. Sebelumnya saya sudah menuliskan cara mempromosikan blog Anda untuk memperbanyak pengunjung blog. Lakukanlah cara-cara yang menurut Anda mudah dan efektif.

4. Buatlah Tulisan yang Berkaitan Satu dengan yang lain

Terkadang pembaca tidak hanya membutuhkan informasi dari satu tulisan saja. Akuilah, ketika Anda membaca suatu artikel di internet, Anda terkadang membutuhkan informasi tambahan atau informasi lain untuk memperkaya informasi yang Anda butuhkan.

Buatlah blog dengan tulisan yang saling berkaitan satu dengan yang lain. Buatlah topik yang menarik dan tulislah lanjutannya jika topik tersebut berkembang. Anda harus membuatnya saling terkait satu dengan yang lain.

Lakukanlah itu di blog Anda. Buatlah artikel terkait di setiap postingan blog Anda sehingga mereka lebih mudah memperkaya informasi yang mereka butuhkan.

BACA JUGA:  7 Kesalahan SEO yang Harus Dihindari Setiap Blogger

5. Belajar dari Blog yang Sudah Populer

Mengapa blog yang kini sudah populer bisa sepopuler sekarang? Apa yang mereka lakukan? Hal-hal apa saja yang terdapat di dalam blog mereka? Mengapa mereka bisa menghasilkan blog yang kini sudah populer?

Pelajari hal-hal tersebut dari blog-blog yang sudah besar dan populer seperti CopyBlogger, www.problogger.net">ProBlogger, WpBeginner, DailyBlogTips, dan sebagainya.

Selain itu Anda juga wajib mengetahui hal-hal apa saja yang membuat blogger berhenti blogging dan cara mengatasinya, sehingga Anda menghindari hal-hal yang membuat Anda berhenti blogging.

Cobalah ketika blog tidak ada yang membaca nya. Tidak ada alasan untuk berhenti blogging meskipun jika blog tidak ada yang membaca, sekian tips dari Seni Berpikir 😀

SHARE
Artikel SebelumnyaTips Blogging Saat Anda Kekurangan Ide
Artikel SelanjutnyaPresiden Iran, M. Ahmadinejad, Ditangkap!
Seni Berpikir membahas tentang ilmu hubungan internasional yang berisi hubungan internasional sebagai forum bagi setiap negara dalam memenuhi kepentingan nasionalnya. Seni Berpikir juga berisi hal-hal lain seputar Wordpress dan Tips Blogging lainnya. Mohon sertakan sumber jika Anda meng-copy-paste tulisan dari dalam situs ini. Regards,

TINGGALKAN KOMENTAR